Berita

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya

Surabaya berkinerja terbaik nasional, Walikota Surabaya mendapat Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha oleh Presiden Republik Indonesia

May 10, 2024

Bertepatan dengan puncak peringatan hari otonomi daerah pada tanggal 15 April 2024 di Gedung Balaikota Surabaya, Walikota visioner Surabaya, Eri Cahyadi dianugerahi Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Cak Eri, sapaan akrabnya, merupakan Walikota Surabaya pertama yang menerima penghargaan tersebut, dikarenakan kepemimpinannya yang penuh inisiatif dan inovasi serta keberhasilan Cak Eri mengantar Kota Surabaya sebagai Kota dengan kinerja terbaik di seluruh Indonesia.

Perjalanan Eri menuju momen penting ini merupakan bukti dedikasinya yang tak kenal lelah untuk kesejahteraan warga Surabaya. Melalui kebijakan inovatif, perencanaan strategis, dan upaya perbaikan berkelanjutan, beliau telah mengubah Surabaya menjadi mercusuar kemajuan dan keunggulan, serta mendapatkan penghargaan baik di level nasional maupun internasional.

Inti dari kisah kemajuan Kota Surabaya terletak pada komitmen terhadap pembangunan yang holistik, mengatasi tantangan-tantangan utama sekaligus memanfaatkan peluang pertumbuhan. Salah satu pencapaian Eri yang paling membanggakan adalah kemajuan yang dicapai Surabaya dalam pengurangan kasus stunting pada bayi dan balita, yang masih menjadi masalah yang sulit terpecahkan di banyak wilayah di Indonesia. Melalui intervensi spesifik dan sensitif serta keterlibatan berbagai pemangku kepentingan, Surabaya mencapai penurunan prevalensi stunting yang signifikan hanya menjadi 1,6%, yang merupakan prevalensi stunting terendah di Indonesia, sehingga meletakkan dasar bagi generasi masa depan yang lebih sehat dan tangguh.

Selain itu, di bawah kepemimpinan Eri, Surabaya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam pembangunan manusia. Kemajuan yang tercermin dalam sektor pendidikan, layanan kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan. Pencapaian ini merupakan bukti pendekatan pembangunan kota yang inklusif, yang memprioritaskan kesejahteraan dan pemberdayaan seluruh penduduk, tanpa memandang latar belakang atau status sosial ekonomi melalui berbagai inisiatif, seperti: beasiswa Pemuda Tangguh, tebus ijazah, Cakupan Jaminan Kesehatan Semesta 100% serta pemberdayaan usaha kecil menengah melalui platform e-peken.

Kepemimpinan visioner Eri juga berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi yang nyata, dimana Surabaya mengalami penurunan tingkat pengangguran dan pengentasan kemiskinan secara signifikan, yang salah satunya dikarenakan keberhasilan penerapan Program Padat Karya. Pada tahun 2021, tingkat pengangguran terbuka mencapai 9,68%, merefleksikan tantangan perekonomian akibat pandemi global. Inisiatif strategis seperti Program Padat Karya pun digeber Cak Eri untuk menyerap tenaga kerja dari masyarakat miskin dengan menggunakan aset Pemerintah Kota yang tidak terpakai. Sehingga, pada tahun 2022, tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan menjadi 7,62%. Tren positif ini berlanjut hingga tahun 2023, dengan angka yang semakin menurun menjadi 6,76%. Program Padat Karya tidak hanya menyediakan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan bagi warga miskin namun juga merevitalisasi aset-aset yang kurang dimanfaatkan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial di Kota Surabaya.

Terlebih lagi, komitmen Kota Surabaya terhadap kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat telah mendapat pujian dan pengakuan dalam skala nasional. Pencapaian Cak Eri untuk mewujudkan Kota Surabaya 100% bebas buang air besar sembarangan hanya dalam waktu 2 tahun, mencerminkan pendekatan proaktif terhadap sanitasi dan kebersihan lingkungan, memastikan Kota Surabaya sebagai kota yang bersih, sehat dan nyaman untuk dihuni.

Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang diterima oleh Eri Cahyadi tidak hanya sebagai simbol keunggulan individu, namun juga sebagai bukti upaya kolektif warga Kota Surabaya, aparatur sipil negara, dan seluruh pemangku kepentingan. Penghargaan ini menunjukkan kekuatan transformatif dari kepemimpinan visioner, inisiatif yang berani, dan komitmen teguh terhadap kebaikan bersama dari Bapak Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Ke depan, Eri tetap teguh dalam dedikasinya demi kemajuan dan kesejahteraan Kota Surabaya yang berkelanjutan. Dengan visi kota yang maju, humanis dan berkelanjutan, beliau berupaya untuk terus mengatasi tantangan yang muncul, dan merencanakan masa depan yang lebih cerah bagi Surabaya dan masyarakatnya.