Tugas dan Fungsi

Tugas

Sekretariat mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, penyusunan program dan keuangan.

Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana program, anggaran dan laporan badan;
  2. pelaksanaan pembinaan organisasi dan ketatalaksanaan;
  3. pengelolaan administrasi kepegawaian;
  4. pengelolaan surat menyurat, dokumentasi, rumah tangga dinas, kearsipan dan perpustakaan;
  5. pemeliharaan rutin gedung dan perlengkapan/peralatan kantor;
  6. pelaksanaan hubungan masyarakat dan keprotokolan;
  7. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penetapan petunjuk pelaksanaan perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah pada skala kota;
  8. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah kota;
  9. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penetapan pedoman dan standar perencanaan pembangunan daerah;
  10. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penetapan petunjuk pelaksanaan manajemen dan kelembagaan pengembangan wilayah dan kawasan skala kota;
  11. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah skala kota;
  12. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah skala kota;
  13. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penetapan petunjuk teknis pembangunan skala kecamatan;
  14. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan daerah kecamatan;
  15. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan kawasan dan lingkungan perkotaan skala kota;
  16. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan kawasan prioritas, cepat tumbuh dan andalan skala kota;
  17. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan keserasian pengembangan perkotaan;
  18. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan terhadap kelembagaan dan manajemen pengembangan wilayah dan kawasan skala kota;
  19. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penetapan kebijakan dan strategi pembangunan perkotaan wilayah kota (mengacu kebijakan nasional dan provinsi);
  20. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penyusunan peraturan daerah mengenai pengembangan perkotaan berdasarkan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK);
  21. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi penyiapan program pembangunan sarana dan prasarana perkotaan jangka panjang dan jangka menengah kota dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) nasional dan provinsi;
  22. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi perumusan dan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) kota tentang perumahan swadaya (pembangunan baru, Pemugaran, perbaikan, perluasan, pemeliharaan dan pemanfaatan);
  23. pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan pedoman Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota.