Pengumuman

Dengan telah ditetapkannya Perubahan RKPD Kota Surabaya Tahun 2017 dengan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 34 Tahun 2017 tanggal 17 Juli 2017, maka seluruh Perangkat Daerah agar menyempurnakan Rancangan Perubahan Renja Perangkat Daerah 2017 sebagaimana juknis terlampir dengan berpedoman pada Perubahan RKPD Kota Surabaya Tahun 2017. Dokumen Perubahan RKPD Kota Surabaya Tahun 2017 dapat didownload pada website ini.

Terkait penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah tersebut akan dilaksanakan Desk yang waktu pelaksanaannya akan diberitahukan lebih lanjut.

DOWNLOAD JUKNIS PERUBAHAN RENJA 2017   .::.    DOWNLOAD RKPD 2017 PERUBAHAN

Dengan telah ditetapkannya Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Surabaya Tahun 2018 dengan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 26 Tahun 2017 tanggal 31 Mei 2017, maka seluruh Perangkat Daerah agar menyempurnakan rancangan Renja Perangkat Daerah sebagaimana juknis terlampir dengan berpedoman pada RKPD tersebut (sebagaimana diatur dalam pasal 152 ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah). Dokumen RKPD Tahun 2018 dapat didownload pada website ini.

Terkait penyempurnaan rancangan Renja Perangkat Daerah tersebut akan dilaksanakan Desk yang waktu pelaksanaannya akan diberitahukan lebih lanjut.

DOWNLOAD JUKNIS RENJA 2018   .::.    DOWNLOAD RKPD 2018

Profil

News

MUSRENBANG KOTA SURABAYA TAHUN 2017

Sebagaimana dengan ketentuan yang telah disyaratkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor54 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, maka diinstruksikan kepada setiap Daerah untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah melalui suatu hirarki perencanaan dari tingkat kelurahan, tingkat kecamatan hingga tingkat kota, dimana penyelenggaraan Musrenbang Tingkat Kota merupakan ujung dari proses untuk menuju tersusunnya Rencana Pembangunan Daerah Kota Surabaya Tahun 2018 melalui pendekatan partisipatif yang bersifat bottom-up dengan tetap memperhatikan visi misi walikota yang bersifat top-down.

Penyelenggaraan Musrenbang Tingkat diharapkan dapat membuahkan berbagai hal yang positif bagi rencana pembangunan sebagaimana yang dibutuhkan, diharapkan dan diinginkan oleh pemangku kepentingan, sehingga dapat dijadikan bahan masukan bagi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Surabaya Tahun 2018 dan Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2018, yang selanjutnya digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan Rancangan APBD Kota Surabaya Tahun Anggaran 2018.

Proses dan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan adalah:

1. Musrenbang Tingkat Kelurahan yang dilaksanakan pada tanggal 1 s/d 10 Pebruari 2017;
2. Musrenbang Tingkat Kecamatan yang dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 28 Pebruari 2017;
3. Forum Perangkat Daerah yang dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Maret 2017; dan
4. Musrenbang Tingkat Kota yang dilaksanakan pada hari ini.

Maksud dan tujuan dari penyelenggaraan Musrenbang Kota ini adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap prioritas pembangunan Kota Surabaya tahun 2018.

Acara Musrenbang Kota dilaksanakan di Ruang Pola Lantai III Bappeko Surabaya pada tanggal 29 Maret 2017. Pihak yang dilibatkan dalam penyelenggaraan Musrenbang Kota Tahun 2017 ini adalah DPRD Kota Surabaya, Bakorwil Malang, Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, para ahli dan profesional baik yang berasal dari kalangan praktisi maupun akademisi, perguruan tinggi, asosiasi, perhimpunan profesi, lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat, delegasi kecamatan serta seluruh Perangkat Daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya.Keluaran yang diharapkan dari penyelenggaraan Musrenbang Kota ini adalah Pokok-pokok pemikiran yang nantinya dituangkan dalam Berita Acara Hasil Kesepakatan Musrenbang RKPD Kota Surabaya Tahun 2017 sebagai bahan penyusunan Rancangan Akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Surabaya Tahun 2018.