Berita

Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya

SURABAYA SIAP MENJADI KOTA LAYAK ANAK PARIPURNA PERTAMA DI INDONESIA

January 31, 2024

Setelah mempertahankan predikat Kota Layak Anak Utama 6 kali berturut-turut dan meraih nilai tertinggi di Indonesia pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2023 oleh Kementerian PPPA, Kota Surabaya siap naik kelas dengan menjadi Kota Layak Anak Paripurna Pertama di Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak, Kota Layak Anak adalah kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.


Terdapat 7 (tujuh) klaster Penyelenggaraan Kota Layak Anak di Indonesia, antara lain:
  1. Kelembagaan
  2. Hak Sipil Kebebasan
  3. Lingkungan keluarga dan Pengasuhan Alternatif
  4. Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan
  5. Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya
  6. Perlindungan Khusus
  7. Kecamatan dan Kelurahan Layak Anak

Dalam melaksanakan setiap klaster Kota Layak Anak tersebut, Pemerintah Kota Surabaya selalu melibatkan anak-anak di Kota Surabaya. Disamping itu, Pemerintah Kota terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi anak dalam pembangunan. Salah satunya dengan memberikan hak akses untuk anak-anak agar dapat memberikan saran dan masukannya melalui musrenbang kelurahan, musrenbang kecamatan dan musrenbang kota. Yang tak kalah istimewa, telah dibentuk Forum Anak Kota Surabaya, Forum Anak Kecamatan di 31 Kecamatan serta Forum Anak Kelurahan di 153 Kelurahan di Kota Surabaya.

Pada tahun 2023, Forum Anak Surabaya mencetak beberapa prestasi di tingkat Jawa Timur bahkan Nasional. Diantaranya adalah, Forum Anak Surabaya menjadi Forum Anak Terbaik di Jawa Timur pada Atmaja Award 2023 serta meraih Media Sosial terbaik Daffa Award 2023 yang merupakan ajang penghargaan untuk Forum Anak se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian PPPA.

Yang pasti, Forum Anak Surabaya, Kecamatan dan Kelurahan senantiasa mendukung penuh pelaksanaan Kota Layak Anak di Kota Surabaya agar bisa naik kelas menjadi Kota Layak Anak Paripurna di Tahun 2024.